PERANCANGAN PENGUAT PENYANGGA (BUFFER) TV DIGITAL YANG BEKERJA PADA FREKUENSI BAND III VHF (DVB-T2) UNTUK SIARAN TV KAMPUS

Design of amplifier circuit (Buffer) TV Digital Which Works on Frequency Band III VHF (DVB-T2) for TV broadcasts Campus

Authors

  • Danang Januar Dani
  • Suthami Ariessaputra
  • Cahyo Mustiko Okta Movianto

Abstract

Berkembangnya penyampaian infomasi di era globalisasi saat ini mengalami peningkatan, berbagai macam media penyampaian dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pentingnya suatu informasi. Salah satu media yang memberikan informasi secara langsung adalah televisi. Dalam sistem digital satu kanal dapat digunakan pada beberapa stasiun televisi. Standar sistem penyiaran TV Digital yang digunakan di Indonesia saat ini adalah DVB-T (Digital Video Broadcasting – Terestriall).

Transmitter TV sebagai salah satu media penunjang penyiaran tv komunitas memiliki beberapa bagian : modulator, penguat penyangga, boster dan antenna.  Rangkaian penyangga (buffer) sendiri digunakan untuk meningkatkan daya keluaran dari modulator yang sangat kecil agar dapat diteruskan ke tahap selanjutnya. Untuk itu digunakan rangkaian penguat kelas A dengan daya dissipasi dan efisiensi tidak menjadi tujuan dan  dapat meningkatkan daya minimal 1 watt dengan frekuensi 175-230 MHz.

Published

2017-08-04

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)