PERANCANGAN SISTEM PENGELOLAAN PARKIR KENDARAAN BERMOTOR DENGAN SENSOR RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID)

Design Vehicle Parking System Using Radio Frequency Identification (RFID

Authors

  • Rachmi Hidayati
  • I.B.K Widiartha
  • I Made Budi Suksmadana

Abstract

Radio Frequency Identification (RFID) merupakan teknologi identifikasi menggunakan gelombang radio. Sistem ini terdiri dari dua komponen utama yaitu, tag (berisi kode unik yang tertanam didalamnya) dan reader (berfungsi sebagai pembaca kode tag). Teknologi ini dapat diterapkan sebagai sistem keamanan pada area parkir kampus, dimana tag dibawa oleh pemilik kendaraan sedangkan reader diletakkan pada area keluar atau masuk kampus.

Sistem ini dirancang dengan menggabungkan beberapa rangkaian, diantaranya adalah sistem minimum ATMega8535, rangkaian Max232, dan rangkaian reader yang semuanya terintegrasi oleh komputer. Cara kerja dari sistem ini adalah ketika reader medeteksi sinyal dari tag, reader akan meneruskan data tersebut ke komputer dan komputer akan mengolahnya dan disesuaikan dengan database yang telah dibuat sebelumnya, jika data sesuai, maka komputer akan mengirimkan perintah ke MK untuk menggerakkan motor servo yang digunakan sebagai palang pintu.

Dari rancangan yang dibuat terlihat bahwa sistem ini sangat mudah untuk dioperasikan serta memberikan keamanan dan efisiensi waktu dalam proses identifikasi. 

Published

2017-08-08

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>