DIELEKTRIKA
https://dielektrika.unram.ac.id/index.php/dielektrika
<p><em>Dielektrika</em> adalah jurnal ilmiah sebagai forum komunikasi dalam kajian teori dan aplilkasi teknik elektro yang meliputi bidang sistem tenaga listrik, telekomunikasi, komputer dan informatika, elektronika dan sistem kontrol. Artikel yang dipertimbangkan untuk dimuat adalah berupa hasil penelitian atau hasil pemikiran yang belum pernah diterbitkan atau tidak sedang menunggu diterbitkan pada publikasi lain.</p>en-US[email protected] (I Nyoman Wahyu Satiawan)[email protected] (Cipta Ramadhani)Mon, 01 Sep 2025 17:32:06 +0800OJS 3.3.0.7http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60Pemeliharaan Isolator Kaca Pada Tower Suspenssion T.04 SUTT Line 1 dan 2 Sengkol – Kuta Akibat Korosi Pada Steel Pin
https://dielektrika.unram.ac.id/index.php/dielektrika/article/view/423
<table width="600"> <tbody> <tr> <td width="392"> <p>Pemeliharaan isolator berperan penting dalam menjaga keandalan jaringan transmisi listrik, khususnya pada sistem 150 kV. Pada Tower T.04 jalur transmisi 150 kV Sengkol–Kuta ditemukan kerusakan pada isolator gantung tipe kaca berupa korosi pada <em>steel pin</em>. Kerusakan ini diperkirakan disebabkan oleh polusi asap pembakaran lahan yang bercampur dengan kelembapan udara, sehingga menurunkan kekuatan mekanis dan kemampuan isolasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan pemeliharaan korektif melalui penggantian isolator kaca dengan isolator polimer ber-<em>corona ring</em>. Tahapan pekerjaan meliputi persiapan dan pengamanan area kerja, pemeriksaan visual, pelepasan isolator lama, pemasangan isolator polimer, serta pemeriksaan akhir untuk memastikan kelayakan operasi. Isolator polimer dipilih karena memiliki ketahanan lebih baik terhadap korosi dan membutuhkan pemeliharaan yang lebih sedikit dibandingkan isolator kaca. Hasil pemeliharaan menunjukkan perbaikan ini mampu memulihkan fungsi isolasi, meningkatkan kekuatan mekanis, dan menjaga keandalan jaringan transmisi di lingkungan dengan tingkat polusi tinggi.</p> <p><strong> </strong></p> </td> </tr> </tbody> </table>nyoman wahyu satiawan, Lalu Muhamad Roviq Akbar
Copyright (c) 2025 DIELEKTRIKA
https://dielektrika.unram.ac.id/index.php/dielektrika/article/view/423Mon, 01 Sep 2025 00:00:00 +0800Analisis Keandalan Sistem Distribusi Listrik Sistem Zero Down Time Pada Sirkuit Mandalika
https://dielektrika.unram.ac.id/index.php/dielektrika/article/view/420
<p>Ketersediaan suplai listrik yang andal merupakan aspek pendukung dalam kegiatan berskala internasional seperti MotoGP di Sirkuit Mandalika. Untuk menjaga kontinuitas pelayanan tanpa gangguan, PT PLN (Persero) menerapkan sistem distribusi dengan konsep Zero Down Time yang mengandalkan penyulang Mandalika I, Mandalika II, dan cadangan MVTIC. Penelitian ini bertujuan menganalisis indeks keandalan sistem distribusi area Sirkuit Mandalika dengan dan tanpa penerapan sistem cadangan MVTIC. Hasil analisis menunjukkan sebelum penerapan backup MVTIC, nilai SAIDI dan SAIFI Metode Markov sebesar 0,13 jam/pelanggan/tahun dan 0,01 kali/pelanggan/tahun, sedangkan simulasi ETAP menghasilkan nilai 0,55 jam/pelanggan/tahun dan 0,05 kali/pelanggan/tahun. Setelah penerapan backup MVTIC, nilai tersebut menjadi 0,0001 jam dan 0,0007 kali (Markov), serta 0,08 jam dan 0,008 kali (ETAP). Penurunan ini menunjukkan peningkatan keandalan sebesar 99,92% dan 93% (Markov), serta 85,45% dan 84% (ETAP). Dengan demikian, penerapan backup MVTIC sangat efektif dalam meningkatkan keandalan sistem distribusi pada kawasan Zero Down Time Sirkuit Mandalika.</p>lalu deni urif sukma, Supriyatna, Sultan
Copyright (c) 2025 DIELEKTRIKA
https://dielektrika.unram.ac.id/index.php/dielektrika/article/view/420Mon, 01 Sep 2025 00:00:00 +0800Perancangan Dan Implementasi Kontroler Motor Dc Untuk Aplikasi Prototipe Mobil Listrik
https://dielektrika.unram.ac.id/index.php/dielektrika/article/view/418
<p>In an effort to develop a more efficient electric vehicle, this research focuses on the design and implementation of a DC motor controller for an electric vehicle prototype to improve vehicle control. The designed controller system uses the ATmega328P IC as the main microcontroller and the IXFB100N50P MOSFET as the power switch to regulate motor speed using the Pulse Width Modulation (PWM) method, enabling more precise power control. Testing was conducted on a 48V 1000W DC motor to evaluate the controller's performance in response to throttle and load variations. The test results show that an increase in throttle from 0% to 100% is directly proportional to the increase in PWM duty cycle, leading to a rise in the MOSFET gate voltage from 0V to 10.61V and the motor voltage from 0V to 48V. Additionally, the developed controller system provides a fast and stable response to throttle input changes. Thus, the designed controller has proven capable of effectively controlling DC motor speed and can be applied to prototype electric vehicles, contributing to the advancement of more optimized electric vehicle technology.</p> <p><br>Dalam upaya mengembangkan kendaraan listrik yang lebih efisien, penelitian ini berfokus pada perancangan dan implementasi kontroler motor DC untuk prototipe mobil listrik guna meningkatkan pengontrolan kendaraan listrik yang lebih baik. Sistem kontroler yang dirancang menggunakan IC ATmega328P sebagai mikrokontroler utama dan MOSFET IXFB100N50P sebagai saklar daya untuk mengatur kecepatan motor dengan metode Pulse Width Modulation (PWM), memungkinkan pengendalian daya yang lebih presisi. Pengujian dilakukan pada motor DC 48V 1000W untuk mengevaluasi kinerja kontroler terhadap perubahan throttle dan beban. Hasil pengujian menunjukkan bahwa peningkatan throttle dari 0% hingga 100% berbanding lurus dengan peningkatan duty cycle PWM, yang mengakibatkan kenaikan tegangan gate MOSFET dari 0V ke 10,61V serta tegangan motor dari 0V ke 48V. Selain itu, sistem kontroler yang dikembangkan memberikan respon cepat dan stabil terhadap perubahan input throttle. Dengan demikian, kontroler yang dirancang terbukti mampu mengendalikan kecepatan motor DC dengan baik dan dapat diterapkan pada kendaraan listrik prototipe, memberikan kontribusi dalam pengembangan teknologi mobil listrik yang lebih baik.</p>M. Akbar Alamsyah Alamsyah, Paniran, I Made Budi Suksmadana
Copyright (c) 2025 DIELEKTRIKA
https://dielektrika.unram.ac.id/index.php/dielektrika/article/view/418Mon, 01 Sep 2025 00:00:00 +0800Pengaruh Pembebanan Transformator Distribusi 3 Fasa 250 kVA Type Core Terhadap Distribusi Termal Menggunakan Perangkat Lunak Ansys Maxwell
https://dielektrika.unram.ac.id/index.php/dielektrika/article/view/425
<p>Distribution transformers have an important role in the distribution of electrical power. In order for the transformer to operate properly, installation and maintenance must be in accordance with established standards. One of the things that affects the condition of the transformer is the heat that arises as a result of loading. This study performs calculations manually to determine the dimensions of the transformer, make a model of the transformer core and coil in 3D visual form then analyze the output of voltage, current, and loss waves and analyze the distribution of the transformer's thermal field using Ansys Maxwell software with the Finite Element Method (FEM) method. This research refers to a catalog that contains specification data from transformers. For the simulation results obtained, the conditions of thermal distribution in the transformer core when the transformer was not given a load obtained an average temperature of 29.74 °C. Whereas when given the load, the temperature increases to 71°C. The thermal distribution spreads evenly throughout the transformer core. For the value of loss–the loss generated in a no-load transformer is 756.617 W and, in a transformer, when given a load of 1.014 W.</p>Agung Budi Muljono, Ida Bagus Aditya Laksamana Dharma, Ida Bagus Fery Citarsa
Copyright (c) 2025 DIELEKTRIKA
https://dielektrika.unram.ac.id/index.php/dielektrika/article/view/425Mon, 01 Sep 2025 00:00:00 +0800Open-Loop Performance Analysis of Induction Motors under V/f Speed Control
https://dielektrika.unram.ac.id/index.php/dielektrika/article/view/422
<table width="592"> <tbody> <tr> <td width="19"> <p> </p> </td> <td width="387"> <p>This study aims to analyze the performance of a three-phase induction motor with a speed control system based on the Volt per Hertz (V/f) method in an open-loop configuration, with a primary focus on reducing torque drop during low-frequency operation. The simulation was carried out using MATLAB/Simulink, where the model consists of an SPWM-based three-phase inverter, a standard Simulink induction motor, and an external mechanical load. The V/f method was applied to maintain constant stator flux by keeping the voltage-to-frequency ratio fixed (approximately 7.6 V/Hz). The input frequency was varied from 10 Hz to 50 Hz, both under no-load and loaded conditions. The observed performance parameters included rotor speed, electromagnetic torque, stator current, and motor slip.</p> <p>The simulation results show that the system can produce a linear relationship between frequency and rotor speed with low slip (<5%) under no-load conditions. However, under load conditions, there is a speed drop of around 4–5% that cannot be compensated due to the absence of a feedback system. The initial electromagnetic torque demonstrates a fast response with an overshoot of up to 150 Nm before stabilizing in the range of 100–120 Nm. The rotor speed reaches a steady-state condition in approximately 0.2 seconds, indicating good dynamic response.</p> <p>In conclusion, the open-loop V/f control system is effective and sufficiently efficient for light industrial applications that do not require high precision, such as fans and pumps. However, for applications that demand greater stability and dynamic response, further development toward a closed-loop system or sensor-based adaptive control is recommended to enhance control accuracy, energy efficiency, and system capability in responding to dynamic loads</p> <p><strong> </strong></p> </td> </tr> </tbody> </table>I Ketut Wirya jati, I Nyoman Wahyu Satiawan
Copyright (c) 2025 DIELEKTRIKA
https://dielektrika.unram.ac.id/index.php/dielektrika/article/view/422Mon, 01 Sep 2025 00:00:00 +0800Analisis Potensi Energi Angin Di Desa Penujak Kabupaten Lombok Tengah Sebagai Sumber Pembangkit Listrik Tenaga Bayu Skala Kecil
https://dielektrika.unram.ac.id/index.php/dielektrika/article/view/419
<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi energi angin di Dusun <br>Selanglet, Desa Penujak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok <br>Tengah sebagai sumber energi alternatif untuk pembangkit listrik tenaga <br>bayu (PLTB) skala kecil. Data dikumpulkan melalui pengukuran langsung <br>menggunakan Digital Wireless Weather Station WS0232 pada dua titik <br>lokasi berbeda, serta didukung data sekunder dari BMKG dan pemetaan <br>melalui Global Wind Atlas. Hasil pengukuran menunjukkan rata-rata <br>kecepatan angin di lokasi 1 sebesar 3,3 m/s dan di lokasi 2 sebesar 2,9 m/s, <br>dengan distribusi arah angin dominan dari timur dan barat. Analisis distribusi <br>Weibull menghasilkan parameter bentuk (k) sebesar 3,23 dan 3,43 untuk <br>masing-masing lokasi, yang mengindikasikan kestabilan kecepatan angin <br>cukup baik. Data BMKG menunjukkan kecepatan angin rata-rata mencapai <br>4,8 m/s selama tiga bulan, memperkuat hasil pengukuran langsung. Daya <br>yang dihasilkan dari potensi angin di lokasi penelitian diperkirakan sebesar <br>977 watt. Berdasarkan hasil tersebut, wilayah Desa Penujak dinilai layak <br>untuk dikembangkan sebagai lokasi PLTB skala kecil guna mendukung <br>kebutuhan listrik rumah tangga dan mendorong penggunaan energi <br>terbarukan yang ramah lingkungan.</p>Rachmad Maulana
Copyright (c) 2025 DIELEKTRIKA
https://dielektrika.unram.ac.id/index.php/dielektrika/article/view/419Mon, 01 Sep 2025 00:00:00 +0800Analisis Penggunaan Solar Tracking dan Watercooling pada Daya Output Panel Surya
https://dielektrika.unram.ac.id/index.php/dielektrika/article/view/426
<p><em>This study aims to analyze the performance of a 5 Wp polycrystalline solar panel 280×185×17 mm equipped with a solar tracking system and water cooling. The solar tracker optimizes sunlight capture using a Light Dependent Resistor (LDR) sensor and a servo motor as the actuator, while the water cooling system stabilizes the module temperature through water circulation with a pump and relay. Solar irradiance was measured using a pyranometer, while voltage and current were recorded every 15 minutes. The results show that the maximum power output was achieved at 09:45, reaching 5.44 W at an irradiance of 679.256 W/m² and a temperature of 36 °C. The average power output was 3.87 W under an average irradiance of 416.96 W/m², with a voltage of 5.18 V and current of 0.74 A. The implementation of solar tracking and water cooling effectively increased light absorption, maintained temperature stability.</em></p>ida ayu sri, Supriono, Muhammad Aji Mubarak
Copyright (c) 2025 DIELEKTRIKA
https://dielektrika.unram.ac.id/index.php/dielektrika/article/view/426Mon, 01 Sep 2025 00:00:00 +0800