FUSI CITRA BERBASIS TRANSFORMASI WAVELET DISKRIT MENGGUNAKAN PCA (PRINSIP KOMPONEN ANALISIS )

IMAGE FUSION BASED ON WAVELET DISCRETE TRANSFORMATION USING PCA (PRINCIPLE COMPONENT ANALYSIS)

  • Rismon Hasiholan Sianipar
  • Muhammad Irwan

Abstract

Pada tugas akhir ini telah dirancang aplikasi Fusi Citra Berbasis Wavelet Diskrit Menggunakan PCA (prinsip komponent analisis) untuk memperbaki citra yang rusak . Aplikasi ini diharapkan dapat memperbaiki dua buah citra yang sama dengan kerusakan yang berbeda. Aplikasi ini didesain menggunakan GUI matlab.


Fusi Citra Berbasis Wavelet Diskrit Menggunakan PCA merupakan proses penekana derau pada citra yang rusak untuk menghasilkan citra yang lebih bagus .Teknik Mengekstraksi dua citra uji dengan membaca nilai intensitas pada tiap piksel.Menerapkan transformasi wavelet diskret 2D multi-level, dengan mendekomposisi citra digital menggunakan sejumlah fungsi wavelet seperti wavelet Daubechies, Coiflet, Symlet, dan lainnya. Menerapkan aturan Fusi terhadap bidang-bidang koefisien teransformasi wavelet. Menerapkan metode PCA. max, min mean ,UD,DU,LR,RL pada koefisien pada bidang teransformasi wavelet. Melakukan transformasi IDWT untuk melihat hasil fusi citra, Menerapkan aturan Fusi terhadap bidang-bidang koefisien transformasi wavelet. Menguji dan menabulasikan hasil yang diperoleh dengan melakukan pengukuran parameter PSNR dan MSE.

Published
2019-02-28
How to Cite
SIANIPAR, Rismon Hasiholan; IRWAN, Muhammad. FUSI CITRA BERBASIS TRANSFORMASI WAVELET DISKRIT MENGGUNAKAN PCA (PRINSIP KOMPONEN ANALISIS ). DIELEKTRIKA, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 75-83, feb. 2019. ISSN 2579-650X. Available at: <http://dielektrika.unram.ac.id/index.php/dielektrika/article/view/190>. Date accessed: 09 feb. 2023.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)