PENGGUNAAN TEKNIK KONTROL PID PADA SISTEM PENGENDALI KEKENTALAN CAT

The Use Of PID Control Techniques On The Paint Viscosity Control System

  • Paniran Paniran
  • Syafarudin Syafarudin

Abstract

Dalam proses pengecatan dilakukan tahap proses penentuan kekentalan cat. Secara tradisional kekentalan cat ditentukan dengan perkiraan, sehingga hasil campuran pertama dan selanjutnya tidak seragam.


            Sistem pengendali kekentalan cat digunakan untuk mempermudah dalam menentukan kekentalan cat. Proses pembacaan kekentalan dilakukan dengan memanfaatkan cepat atau lambat putaran motor DC melalui sensor kecepatan dan motor DC tersebut di kopel dengan benda putar yang dimasukkan langsung ke dalam cat yang diukur kekentalannya. Hasil baca sensor kecepatan dikonversi ke dalam persen kekentalan dan ditampilkan pada LCD, sehingga proses penyeragaman kekentalan dapat dilakukan. Dengan demikian, sistem ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk mempermudah dalam proses pengecatan tembok sehingga hasil pengecatan lebih merata. Pada sistem ini diterapkan suatu teknik kontrol PID dengan tujuan agar sistem dapat bekerja secara optimal.


            Dari hasil pengujian sistem pengendali kekentalan cat, semakin besar volume air yang bercampur cat dengan volume tetap maka persentase kekentalan semakin turun dan sebaliknya semakin besar volume cat yang bercampur air dengan volume tetap maka persentase kekentalan semakin naik. Pada proses tunning parameter PID menggunakan MATLAB, dengan menggunakan metode Trial dan error didapatkan nilai Kp=22,69, Ki=30,25, dan Kd=4,25 dan nilai-nilai tersebut dimasukkan langsung ke dalam program Arduino UNO. Hasil kalkulasi nilai PID oleh Arduino UNO dimanfaatkan untuk memilih kran kendali yang akan digerakkan, sehingga sistem dapat bekerja secara otomatis dalam menentukan kekentalan

Published
2019-02-28
How to Cite
PANIRAN, Paniran; SYAFARUDIN, Syafarudin. PENGGUNAAN TEKNIK KONTROL PID PADA SISTEM PENGENDALI KEKENTALAN CAT. DIELEKTRIKA, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 37-44, feb. 2019. ISSN 2579-650X. Available at: <http://dielektrika.unram.ac.id/index.php/dielektrika/article/view/193>. Date accessed: 09 feb. 2023.
Section
Articles