KOORDINASISETTING RELE PROTEKSI PADA TRANSFORMATOR 60 MVA DI GARDU INDUK AMPENAN

COORDINATIONOF SETTING PROTECTION RELAY ON THE TRANSFORMER 60 MVA INAMPENANSUBSTATION

Authors

  • Supriyatna Supriyatna
  • Supriono Supriono

Keywords:

Koordinasiproteksi,OCR,EFR,Rele Differensial

Abstract

Gardu Induk Ampenan merupakan suatu sistem instalasi listrik yang terdiri dari beberapa perlengkapan peralatan listrik dan menjadi penghubung listrik dari jaringan transmisi ke jaringan distribusi primer pada sistem kelistrikan Lombok. Transformator tenaga dengan kapasitas 30 MVA akan ditambah dengan transformator 60 MVA.

Pada penelitian ini dilakukan perhitungan settingOver Current Relay (OCR), Earth Fault Relay (EFR), dan Differensial. Untuk hasil perhitungan setting OCR dan EFR didapatkan koordinasi rele pada sisi Penyulang, Outgoing 20 kV, dan Incoming 150 kV pada Transformator 60 MVA di GI Ampenan dengan menggunakan software ETAPv12.6.

KarateristikOCR danEFRmenggunakanstandarinverse.OCRstandarinverseakandikombinasikan dengan instantaneous. Hasil setting usulan TMSPenyulang Meninting berturut-turut sampai incoming trafo 150 kV sebesar 0,04, 0,10, 0,11, 0,13, dan 0,20sesuaiarusgangguanPenyulang  dan Tranformator.Sedangkan setting TMS kondisieksistingPenyulang Meninting berturut-turut sampai Incoming trafo 150 kV sebesar 0,05, 0,12, 0,23 dan 0,28. Sementara untuk hasil perhitungan setting rele Differensial didapatkan sebesar 0,350 A. Sehingga dari hasil setting diharapkan apabila terjadi gangguan, rele dapat bekerja lebih selektif dalam mengamankan gangguan yang terjadi.

Published

2019-02-28

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)