PENGUKURAN DAN ANALISIS UNJUK KERJA LAYANAN SUARA JARINGAN 3G WCDMA MENGGUNAKAN TEMS INVESTIGATION DI KOTA MATARAM

Measurement And Performance Analysis Of 3G WCDMA Network Voice Services Using Tems Investigation In Mataram City

  • Abdullah Zainuddin
  • Sudi M. Al Sasongko

Abstract

Kualitas layanan yang baik pada jaringan 3G WCDMA merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh penyedia jasa (provider) layanan telekomunikasi. Untuk mengetahui kualitas/kinerja dari suatu jaringan yang disediakan oleh provider dapat dilakukan dengan pengamatan secara real di lapangan. Pengamatan tersebut dilakukan melalui pengukuran kualitas sinyal layanan 3G WCDMA pada suatu wilayah cakupan baik secara drive test maupun dengan stand test.


Dalam penelitian ini  digunakan TEMS Investigation untuk melakukan pengukuran kinerja layanan suara jaringan 3G WCDMA dua provider dengan metode drive test. Pengukuran dilakukan dalam dua rute yang masing-masing mengelilingi BTS Provider 1 dan Provider 2. Dalam penelitian ini juga dibandingkan kualitas hasil pengukuran  parameter RSCP, CPICH Ec/No dan Speech Quality Index (SQI) antara dua provider 3G WCDMA di Kota Mataram.


Pada rute pertama nilai RSCP Provider 1 pada semua sektor memiliki nilai rata-rata -67,99 dBm dan rute kedua -65,45 dBm. Sedangkan nilai RSCP untuk Provider 2memiliki nilai rata-rata -69,02 dBm dan rute kedua -66,71 dBm. Untuk nilai dari CPICH Ec/No pada rute pertama Provider 1 semua sektor memiliki nilai rata-rata -8,06 dB dan rute kedua -8 dB. Sedangkan nilai CPICH Ec/NoProvider 2rute pertama memiliki nilai rata-rata -7,65 dB dan rute kedua -7,04 dB. Nilai SQI  pada rute pertama Provider 1 semua sektor memiliki nilai rata-rata 26,84 dan rute kedua 26,80. Sedangkan nilai untuk Provider 2memiliki nilai rata-rata 29,48 dan rute kedua 28,12.

Published
2019-02-28
How to Cite
ZAINUDDIN, Abdullah; SASONGKO, Sudi M. Al. PENGUKURAN DAN ANALISIS UNJUK KERJA LAYANAN SUARA JARINGAN 3G WCDMA MENGGUNAKAN TEMS INVESTIGATION DI KOTA MATARAM. DIELEKTRIKA, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 1-8, feb. 2019. ISSN 2579-650X. Available at: <http://dielektrika.unram.ac.id/index.php/dielektrika/article/view/196>. Date accessed: 09 feb. 2023.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)