PERENCANAAN PENYEDIAAN DAYA LISTRIK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA HIBRIDA (PLTMH DAN PLTS) DI DESA KAWINDA TO’I MENGGUNAKAN HOMER

Authors

  • Esi Birahmatih Teknik Elektro, Universitas Mataram
  • Agung Budi Muljono Teknik Elektro Universitas Mataram
  • Abdul Natsir

Keywords:

PLTMH, PLTS, PLTHibrida, HOMER, NPC, COE.

Abstract

Pembangkit listrik tenaga hibrida (PLTMH dan PLTS) menjadi alternatif penyediaan daya listrik untuk menjangkau daerah terpencil. Pada penelitian ini, perencanaan penyediaan daya listrik dilakukan menggunakan software HOMER untuk menemukan konfigurasi sistem pembangkit listrik tenaga hibrida yang optimal. Konfigurasi sistem dimodelkan terdiri dari turbin air, panel surya, konverter, dan baterai.

Di desa Kawinda To’i terdapat PLTMH 200 kW yang sudah tidak beroperasi lagi. Sehingga perlu dilakukan pengaktifan kembali PLTMH. Langkah awal, dilakukan analisis simulasi hujan-debit untuk melihat ketersediaan debit di DAS Oi Marai. Analisis simulasi hujan-debit menggunakan metode pendekatan NRECA karena dilokasi penelitian tidak terdapat AWLR (Automatic Water Level Record).

Simulasi pada HOMER menghasilkan konfigurasi sistem yang optimal berdasarkan NPC terendah. Diperoleh konfigurasi sistem berupa kombinasi 600 kW panel surya, 196,2 kW turbin air, 600 baterai, dan 300 kW konverter dengan nilai NPC sebesar $3.123.007 dan COE sebesar $0,369/kWh. Energi listrik yang dihasilkan mendapat suplai dari PLTMH sebesar 59% dan dari PLTS sebesar 41%.

Downloads

Published

2021-02-24

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>