Maximum Power Point Tracking Panel Surya dengan Menggunakan High Step Up Zeta Converter Coupled Inductor Dalam Mensuplai Beban

  • Ardianto Syaifur Rohman Universitas Jember
  • Bambang Sujanarko

Abstract

Konverter DC/DC step-up sangat penting untuk sistem pembangkit listrik tenaga surya disbebkan oleh tegangan input dari panel surya yang rendah. Konverter Zeta DC/DC dengan induktor berpasangan yang beroperasi pada rasio tinggi diusulkan. Dalam makalah ini didesain dan disimulasikan Konverter Zeta DC/DC dengan kontrol MPPT pada sistem fotovoltaic menggunakan Simulink Matlab. Gain tegangan tinggi adalah dicapai dengan menggunakan rasio putaran tinggi ke induktor yang digabungkan. Energi discharge  dari induktor yang digabungkan secara efisien didaur ulang ke beban dengan kapasitor dan dioda tambahan dan dengan demikian konversi energi yang dimungkinkan efisien. Tekanan pada sakelar aktif juga tertahan. Konverter Zeta dengan topologi induktor berpasangan disimulasikan dan rasio konversi tegangan 8 kali lebih tinggi diperoleh. Tegangan keluaran DC diperoleh dengan setpoint tegangan 260V menghubungkannya ke beban. Penguatan tegangan 8 kali lebih besar dan efisiensi tegangan keluaran konverter 80% adalah dicapai untuk sistem yang diusulkan.

Published
2022-08-31
How to Cite
ROHMAN, Ardianto Syaifur; SUJANARKO, Bambang. Maximum Power Point Tracking Panel Surya dengan Menggunakan High Step Up Zeta Converter Coupled Inductor Dalam Mensuplai Beban. DIELEKTRIKA, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 118-129, aug. 2022. ISSN 2579-650X. Available at: <http://dielektrika.unram.ac.id/index.php/dielektrika/article/view/291>. Date accessed: 04 oct. 2022. doi: https://doi.org/10.29303/dielektrika.v9i2.291.
Section
Articles