PERAMALAN BEBAN LISTRIK JANGKA PENDEK PADA SISTEM KELISTRIKAN LOMBOK DENGAN FUZZY TIME SERIES (FTS)

Short-Term Load Forecasting on Lombok Elektricity System with Fuzzy Time Series (FTS)

Authors

  • Ida Ayu Mas C. Dewi
  • I Made Ari Nrartha
  • I Made Budi Suksmadana

Abstract

Tenaga  listrik  adalah  salah  satu kebutuhan dasar  masyarakat  pada  era  modern  ini. Besarnya konsumsi listrik pada suatu waktu tidak dapat dihitung  secara  pasti.  Jumlah  konsumsi  listrik  yang tidak tentu dan tanpa diperkirakan terlebih dahulu dapat berpengaruh pada kesiapan dari unit pembangkit untuk menyediakan  pasokan  listrik  kepada  konsumen. Oleh karena itu, dibutuhkan peramalan beban listrik jangka pendek dalam pengoperasian suatu sistem tenaga listrik.

Metode  yang  digunakan pada  peramalan beban listrik jangka pendek  pada  tugas  akhir  ini  adalah  fuzzy  time  series. Model peramalan dengan fuzzy time series kemudian dibandingkan dengan model peramalan moving average. Kedua model  ini  kemudian digunakan  untuk  meramalkan  beban listrik jangka  pendek pada  Sistem Kelistrikan Lombok  dengan data beban listrik selama  bulan  Oktober 2013.

 Error rata-rata peramalan beban listrik jangka pendek bulan Oktober menggunakan  metode  fuzzy time series yaitu  5.31%, sedangkan dengan metode moving average  5.99%.

 

Kata Kunci  :  Peramalan Beban Listrik, Peramalan Jangka Pendek, Fuzzy,Relational, Fuzzy Time  Series

Published

2018-03-23

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>