IMPLEMENTASI SERVICE ORIENTED ARCHITECTURE (SOA) ADA SISTEM INFORMASI BERGERAK PENGOBATAN TUBERKULOSIS DI NUSA TENGGARA BARAT

Service Oriented Architecture (SOA) Implementation For Mobile Information System Tuberculosis Treatment At West Nusa Tenggara

Authors

  • Royana Afwani

Abstract

Laporan Tuberkulosis (TB) dunia oleh WHO (2013) menempatkan Indonesia sebagai penyumbang TB terbesar ke-4 di dunia, dan untuk provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) TB menjadi penyakit menular langsung yang dilaporkan Dinas Kesehatan memiliki penderita 7.025 orang di tahun 2012. Sementara itu, penemuan teknologi mobile memicu timbulnya suatu pendekatan baru dalam sistem informasi kesehatan yaitu mobile health yang akan digunakan dalam penelitian ini. Teknologi mobile health memungkinkan untuk memproses informasi melalui perangkat bergerak sehingga berdampak bagi peningkatan efisiensi waktu masyarakat (pasien) dan petugas kesehatan dalam mengakses informasi, serta sesuai dengan kondisi geografis NTB yang memiliki beberapa pulau besar dan kecil.

Dalam penelitian ini akan dibuat sistem informasi bergerak pengobatan TB sehingga perlu disiapkan sebuah arsitektur yang bersifat fleksibel dan juga pengintegrasian terhadap sistem lain yang terkait dapat dilakukan. Untuk keperluan tersebut maka dibahas bagaimana mengimplementasikan Service Oriented Architecture (SOA) dalam merancang dan membangun sebuah sistem informasi pengobatan TB di NTB, dimana data sistem dapat dimanfaatkan melalui internet dan menjangkau seluruh stakeholder (petugas kesehatan dan pasien) melalui perangkat mobile mereka.

Langkah dalam Implementasi SOA pada SI bergerak pengobatan TB  yang dilakukan melalui tahap – tahap yaitu service analysis, service design, dan service implementation. Melalui pengimplementasian SOA akan dihasilkan sistem informasi bergerak pengobatan TB di NTB yang fleksibel dengan serangkaian service yang reuseable dan dapat digunakan pada berbagai platform perangkat bergerak.

 

Kata kunci: Service Oriented Architecture,Tuberkulosis,  Sistem Informasi bergerak.

Published

2018-03-29

Issue

Section

Articles