ANALISISPENGARUHGEARRATIOPADAMOTORLISTRIKTERHADAPTORSIBEBANKENDARAAN HEMAT ENERGI DENGAN KONSEP PROTOTYPE
DOI:
https://doi.org/10.29303/dielektrika.v12i1.415Keywords:
Kecepatan,, Gear Rasio, Kendaraan Listrik Prototipe,, Shell Eco MarathonAbstract
Pemilihan rasio gear yang tepat sangat penting dalam desain kendaraan hemat energi untuk meningkatkan efisiensi dan performa, terutama pada kendaraan listrik prototipe dalam kompetisi Shell Eco-Marathon. Gear ratio yang tidak optimal dapat menyebabkan pemborosan energi dan menurunkan kecepatan kendaraan. Penelitian ini menganalisis pengaruh variasi gear ratio terhadap kecepatan kendaraan listrik prototipe. Metode yang digunakan mencakup perhitungan berbagai gear ratio dan pengujian kendaraan dengan serta tanpa pengemudi di lintasan simulasi sepanjang 4,3 km yang menyerupai sirkuit Mandalika. Uji coba memperhitungkan jumlah tikungan serta aturan lomba, yaitu batas kecepatan 50 km/jam dan tiga putaran dalam 30 menit. Analisis dilakukan untuk menilai dampak variasi gear ratio terhadap kecepatan kendaraan, terutama saat menikung dan akselerasi ulang. Hasil menunjukkan bahwa konfigurasi gear z1 (14), z2 (26), z3 (15), z4 (60) dengan rasio total 7,43 memberikan kecepatan rata-rata tertinggi, yaitu 47,49 km/jam. Percobaan kelima mencapai hasil terbaik meskipun terdapat kendala teknis dan non-teknis. Kecepatan berkisar antara 38 hingga 47 km/jam. Kesimpulannya, rasio gear 7,43 merupakan konfigurasi optimal untuk meningkatkan efisiensi energi dan performa kendaraan listrik prototipe dalam kompetisi Shell Eco-Marathon.