PENEMPATAN KAPASITOR DAN OPTIMASI KAPASITASNYA MENGGUNAKAN ARTIFICIAL BEE COLONY (ABC) PADA SALURAN DISTRIBUSI PRIMER

Authors

  • Wildan Faisal Harharah
  • I Made Ari Nrartha
  • Supriyatna .

Abstract

Sistem distribusi merupakan bagian dari sistem tenaga listrik yang berguna untuk mendistribusikan tenaga listrik dari gardu induk ke konsumen. Dalam proses pengiriman tenaga listrik sampai  konsumen terdapat rugi-rugi daya, dan drop tegangan pada saluran. Rugi-rugi daya dan drop tegangan dapat dikurangi salah satunya dengan kapasitor.

Metoda faktor sensitifitas rugi-rugi menentukan lokasi kapasitor pada bus-bus yang perlu dipasang kapasitor. Artificial Bee Colony digunakan untuk mendapatkan kapasitas dari kapasitor pada Penyulang Dasan Cermen dan Penyulang Gunung Sari Sistem Kelistrikkan Lombok.

Hasil penelitian diperoleh Penyulang Dasan Cermen urutan prioritas lokasi penempatan kapasitor pada bus 60, 57, 52, 64 dan 65. Penyulang Gunung Sari  urutan prioritas lokasi penempatan kapasitor dengan urutan bus 17, 20, 14, 21 dan 13. Total kapasitas kapasitor Penyulang Dasan Cermen  pada pemasangan kapasitor di dua bus  (bus 64 dan bus 65), lebih kecil 0.319 % dari pemasangan kapasitor di satu bus (bus 64). Penyulang Gunung Sari pada pemasangan kapasitor di satu bus (bus 20) lebih kecil 22.62% dari pemasangan kapasitor di dua bus (bus 13 dan bus 20).

Published

2017-08-09

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>