PENINGKATAN UNJUK KERJA ANTENA YAGI MIKROSTRIP DENGAN TEKNIK DEFECTED GROUND STRUCTURE (DGS) DUMBBELL UNTUK APLIKASI INDOOR WIRELESS LAN 2,4 GHz

In Provement performance of Yogi Mikrostrip Antenna With DGS Technique For Indoor Wireless Lan 2,4 GHz Aplication

Authors

  • Syachrir Eka Putra1 Eka Putra
  • Abddullah Zainuddin
  • Sudi Mariyanto Al Sasongko

Abstract

Pada penelitian ini telah dilakukan peningkatan unjuk kerja antena yagi mikrostrip dengan penggunaan teknik Defected Ground Structure (DGS) dan menambahkan jumlah element direktor antena tersebut untuk mengatasi penurunan efisiensi radiasi akibat rugi-rugi gelombang permukaan (surface wave).

Langkah penelitian dimulai dari proses simulasi menggunakan software High Frequency Structure Simulator v.10 (HFSS v.10) agar menghasilkan desain yang optimal dan bekerja pada frekuensi 2,4GHz. Setelah itu dibuat antena yagi mikrostrip dengan DGS yang sesungguhnya.

Hasil simulasi dari penambahan jumlah elemen direktor dan DGS didapat gain sebesar 6,15dB, pola radiasi directional dengan horisontal beamwidth 180ï‚° dan bandwidth sebesar 80MHz. Sedangkan pada pengukuran diperoleh gain sebesar 5,89dB, pola radiasi directional dengan horizontal beamwidth 142,5ï‚° dan bandwidth sebesar 74MHz. Penambahan jumlah direktor pada yagi mikrostrip berpengaruh pada nilai gain. Sedangkan penambahan teknik DGS berpengaruh pada peningkatan nilai return loss dan VSWR.

Issue

Section

Articles