MODEL MOTOR INDUKSI DUAL FIELD ORIENTED CONTROL (DIFOC) MENGGUNAKAN INVERTER MULTILEVEL TIGA PHASA

Dual Field Oriented Control (Difoc) Induction Motor Model Using hree-Phase Multilevel Inverter

Authors

  • I Ketut Wiryajat
  • I Nyoman Wahyu Satiawan
  • Ida Bagus Fery Citarsa

Abstract

 

Motor induksi sangat banyak digunakan di dalam kehidupan sehari-hari seperti pada industry otomotive, pertambangan, perhotelan, maupun di rumah tangga. Motor induksi yang umum dipakai adalah motor induksi 3-fase. Pada dasawarsa ini motor induksi lebih banyak dan sering digunakan pada industri dibandingkan dengan motor DC. Kekurangan motor induksi adalah tidak dapat beroperasi dengan baik pada kecepatan rendah maupun bervariasi. Perlunya dilakukan pengaturan kecepatan adalah untuk mendapatkan efisiensi yang baik. Pengaturan kecepatan motor dapat mereduksi rugi-rugi mencapai 20% dan dapat menghemat energy sekitar 50%.

Untuk mendapatkan performansi motor induksi yang ekstra tinggi, diperkenalkan algorithma model Dual Field Oriented Control (DIFOC), yaitu dengan mengontrol sisi keluaran dari sinyal masukan dari model single FOC yang dimodifikasi menjadi model dual FED.  Teknik Dual FOC ini mengubah motor induksi menjadi motor yang berfungsi layaknya seperti motor DC dengan memiliki kinerja yang ektra tinggi. Algorithma ini menggunakan simulasi MATLAB/SIMULINK pada indeks modulasi 0,65 dan 1,15.

Berdasarkan analisa hasil secara visual dan grafis pengolahan data yang dilakukan diperoleh bahwa performansi dari motor meningkat ditunjukkan dengan gelombang spektrum harmonisa yang bertambah baik pada kedua nilai indeks modulasi. Besaran tegangan, arus dan frekuensi fundamental bertambah besar pada nilai indeks modulasi yang lebih tinggi, sementara nilai THD yang diperoleh lebih baik pada nilai indeks modulasi yang lebih rendah.

Published

2017-08-07

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>