Perancangan Dan Implementasi Kontroler Motor Dc Untuk Aplikasi Prototipe Mobil Listrik

Authors

  • M. Akbar Alamsyah Alamsyah Mahasiswa
  • Paniran
  • I Made Budi Suksmadana

DOI:

https://doi.org/10.29303/dielektrika.v12i2.418

Keywords:

Kontroler Motor DC, ATmega328P, MOSFET IXFB100N50P, PWM, Kendaraan Listrik

Abstract

In an effort to develop a more efficient electric vehicle, this research focuses on the design and implementation of a DC motor controller for an electric vehicle prototype to improve vehicle control. The designed controller system uses the ATmega328P IC as the main microcontroller and the IXFB100N50P MOSFET as the power switch to regulate motor speed using the Pulse Width Modulation (PWM) method, enabling more precise power control. Testing was conducted on a 48V 1000W DC motor to evaluate the controller's performance in response to throttle and load variations. The test results show that an increase in throttle from 0% to 100% is directly proportional to the increase in PWM duty cycle, leading to a rise in the MOSFET gate voltage from 0V to 10.61V and the motor voltage from 0V to 48V. Additionally, the developed controller system provides a fast and stable response to throttle input changes. Thus, the designed controller has proven capable of effectively controlling DC motor speed and can be applied to prototype electric vehicles, contributing to the advancement of more optimized electric vehicle technology.


Dalam upaya mengembangkan kendaraan listrik yang lebih efisien, penelitian ini berfokus pada perancangan dan implementasi kontroler motor DC untuk prototipe mobil listrik guna meningkatkan pengontrolan kendaraan listrik yang lebih baik. Sistem kontroler yang dirancang menggunakan IC ATmega328P sebagai mikrokontroler utama dan MOSFET IXFB100N50P sebagai saklar daya untuk mengatur kecepatan motor dengan metode Pulse Width Modulation (PWM), memungkinkan pengendalian daya yang lebih presisi. Pengujian dilakukan pada motor DC 48V 1000W untuk mengevaluasi kinerja kontroler terhadap perubahan throttle dan beban. Hasil pengujian menunjukkan bahwa peningkatan throttle dari 0% hingga 100% berbanding lurus dengan peningkatan duty cycle PWM, yang mengakibatkan kenaikan tegangan gate MOSFET dari 0V ke 10,61V serta tegangan motor dari 0V ke 48V. Selain itu, sistem kontroler yang dikembangkan memberikan respon cepat dan stabil terhadap perubahan input throttle. Dengan demikian, kontroler yang dirancang terbukti mampu mengendalikan kecepatan motor DC dengan baik dan dapat diterapkan pada kendaraan listrik prototipe, memberikan kontribusi dalam pengembangan teknologi mobil listrik yang lebih baik.

Downloads

Published

2025-09-01