Analisis Efesiensi Konverter Daya sebagai Pengendali Kecepatan Motor Induksi 3-Phase pada Kendaraan Bertenaga Baterai (Electric Vehicle)
DOI:
https://doi.org/10.29303/dielektrika.v12i1.416Abstract
Isu pemanasan global akibat emisi karbon yang kian masif dan polusi udara, seakan mendukung perlunya kehadiran mobil listrik sebagai transportasi alternatif yang layak digunakan dalam kehidupan sehari-hari menggantikan posisi mobil berbahan bakar minyak. Pada penelitian ini dilakuka analisis efisiensisistempenggerakkendaraan listrik untuk berbagai konfigurasi inverter, diantaranya inverter 2-tingkat dan inverter3-tingkat. Untuk metode yang digunakan yaitu SPWM (Sinusoidal Pulse Weidth Modulation). Metode SPWM menggunakan sinyal sinusoidal sebagai referensi dan sinyal segitiga sebagai carrier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada inverter 3 level memiliki efisiensi total, efisiensi motor dan efisiensi inverter yang paling tinggi karena inverter 2 level memiliki lebih banyak distorsi harmonik pada keluaran sehingga bentuk gelombangnya lebih kasar. Nilai THD (Total Harmonic Distortion) yang dihasilkan pada inverter 3 level lebih rendah yaitu 33% dibandingkan pada inverter 2 level yaitu 64% pada indeks modulasi 1, dan nilai efisiensi total yang paling tinggi pada inverter 2 level sebesar 72% dan pada invereter 3 level efisiensi total yang paling tinggi sebesar 86% pada indeks modulasi 1.