PENGEMBANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT INFLUENZA MENGGUNAKAN METODE LOGICAL INFERENCE BERBASIS WEB

DEVELOPMENT OF INFLUENZA DISEASE DIAGNOSIS EXPERT SYSTEM USING INFERENCE LOGIC WEB BASED

  • Muna Aulia
  • Giri Wahyu Wiriasto
  • suthami ariessaputra

Abstract

Sistem pakar diagnosis penyakit influenza merupakan suatu system yang dapat mengetahui seberapa besar resiko influenza yang diderita pasien. Aplikasinya dalam dunia medis akan sangat bermanfaat khususnya dalam memberikan keakuratan diagnosa oleh dokter terhadap pasien.


      Kasus influenza menyebar seperti epidemic musiman dengan tingkat serangan mencapai 5-10% pada orang dewasa dan 20-30% pada anak-anak. Dengan demikian influenza dianggap sebagai salah satu bahaya kesehatan kritis dunia. Pada perancangan system pakar ini digunakan 6 jenis gejala influenza diantaranya demam, hidung tersumbat, sakit kepala, nyeri, kelelahan dan batuk dimana pasien akan diminta untuk memberikan penilaian terhadap gejala yang dirasakannya menggunakan skala Visual Analog Scale (VAS). Metode yang digunakan dalam system pakar ini adalah metode logical inference yang merupakan kaidah berfikir untuk memperoleh suatu kesimpulan yang terdiri dari relasi antara premise dan konklusi untuk menghasilkan argumen.


      Hasil dari penelitian ini adalah system dapat digunakan untuk mengetahui tingkat resiko seseorang terdiagnosa influenza. Hasil pengujian system terhadap 30 orang pasien, tingkat kesesuaian diagnosa antara dokter dengan sistem mencapai 73.3%, dengan atribut kelas antara lain gejala flu mencapai 4 orang dengan persentasi 18.18%, flu ringan mencapai 9 orang dengan persentasi 41%, flu sedang mencapai 6 orang dengan persentasi 27.27%, flu tinggi mencapai 3 orang dengan persentasi 13.63%.

Published
2019-02-28
How to Cite
AULIA, Muna; WIRIASTO, Giri Wahyu; ARIESSAPUTRA, suthami. PENGEMBANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT INFLUENZA MENGGUNAKAN METODE LOGICAL INFERENCE BERBASIS WEB. DIELEKTRIKA, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 30-36, feb. 2019. ISSN 2579-650X. Available at: <http://dielektrika.unram.ac.id/index.php/dielektrika/article/view/186>. Date accessed: 09 feb. 2023.
Section
Articles