BALANCING ROBOT BERODA DUA DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR GYROSCOPE BERBASIS ARDUINO UNO

Two Wheeld Balancing Robot Uses A Gyroscope Sensor Based Arduino Uno

Authors

  • Mohamad Junaedi
  • Syafaruddin Ch
  • Giri Wahyu Wiriasto

Keywords:

Arduino Uno; Sensor Gyroscope; Driver motor

Abstract

Tekologi modern dewasa ini khususnya dalam dunia teknologi robot mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan robot tidak hanya pada kecanggihan mekaniknya saja, melainkan juga sistem kendalinya menggunakan sistem komputerisasi.  Salah satu jenis robot  dengan kemampuan istimewa yang belakangan ini banyak menarik minat para pecinta robot untuk dikembangkan adalah balancing robot beroda dua.

Balancing robot beroda dua merupakan suatu robot mobile yang memiliki sebuah roda di sisi kanan dan kirinya yang tidak akan seimbang apabila  tanpa adanya kontroler. Menyeimbangkan robot beroda dua memerlukan suatu metode kontrol yang handal untuk mempertahankan posisi roda dalam keadaan tegak lurus terhadap permukaan bumi tanpa memerlukan pengendali lain dari luar.

Perancangan robot beroda dua ini menggunakan Arduino Uno sebagai pengontrol, sensor gyroscope sebagai pendeksi sudut kemiringan robot, Driver motor DC sebagai pengendali motor DC, dan untuk mekaniknya menggunakan roda dengan motor DC sebagai aktuatornya dan untuk programnnya menggunakan bahasa C dengan software arduino.cc.

pengujian yang dilakukan antara lain untuk mengetahui sudut atau kemiringan robot untuk mampu mempertahankan keseimbangan, mengetahui sampai dimana robot mampu mempertahankan keseimbangan apabila di berikan sudut lintasan yang berbeda-beda, mengetahui seberapa lama waktu sistem robot beroda dua mampu mempertahankan keseimbangan pada bidang datar.

Published

2018-09-01

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)